Jumat, 03 Desember 2010

WISATA KALIADEM

Kali Adem adalah lokasi gardu pandang Gunung Merapi dari arah selatan. Letaknya ada di sebelah timur Kali Urang. Tidak jauh dari sini pos pendakian ke Gunung Merapi.
Kali Adem merupakan suatu daerah aliran sungai lahar merapi yang terletak di kecamatan Cangkringan Sleman Yogyakarta.Dari arah Yogyakarta berjarak sekitar 30 km ke arah utara.Bila ditempuh dari Kalasan bisa melewati jalur alternatif yang tidak terlalu ramai tetapi jalannya berkelok-kelok, bisa juga melewati jalur Jogja -Kaliurang dengan jalan yang lurus tetapi lalulintas agak padat.Sebelum memasuki pintu masuk Kaliurang atau sekitar km 22 belok ke kanan dengan jalan yang agak sempit melewati jembatan tanggul merapi kemudian setelah beberapa km belok ke utara lurus menuju Kali Adem.Jalan yang agak sempit tetapi sudah halus dengan hotmix dan terus menanjak ke utara dengan perumahan penduduk dikiri kanan jalan dan tempat tempat penginapan yang di buka oleh penduduk setempat.
Pemandangan yang sangat indah bila cuaca cerah di perjalanan menuju Merapi.Puncak Merapi kelihatan gagahnya dengan mengeluarkan asap yang tidak henti-hentinya.Beberapa km sebelum memasuki Kali Adem ada lokasi perkemahan yang sangat sejuk dan rindang yang bisa dimanfaatkan untuk perkemahan baik kelompok maupun masal seperti sekolah misalnya.Ada dua jalan masuk menuju Kali Adem setelah kita sampai di Kinahrejo satu lurus menuju lokasi jalan pendakian yang ke dua belok ke kanan dan setelah mendapatkan jalan lagi terus belok ke kiri lurus menuju Kali Adem,Jalan yang kedua walaupun ada jalan yang kurang halus tetapi tanjakannya tidak terlalu curam.
Sesampai di lokasi kita dapat melihat puncak Merapi yang sangat gagah dan indah bila cuaca sedang cerah.Hamparan pasir dari lahar yang dimuntahkan pada waktu terjadi bencana tahun 2006 bisa kita lihat didepan kita.Bunker tempat berlindung penjaga merapi bila terjadi banjir lahar sewaktu-waktu bisa kita lihat di sebelah utara jalan masuk dan disampingnya masih dibiarkan puing puing rumah yanh dulunya tertejang oleh lahar Merapi.
Disekitar jalan kita bisa mendapati kios-kios penjual cendera mata dan juga penjual makanan kas Kali Adem yaitu Juadah dan Tempe, kerajinan bunga Edelwise yang telah dikeringkan .Di dusun Kinahrejo sebelah Barat Kali Adem atau Bebeng inilah bersemayamnya juru kunci Gunung Merapi yang sangat terkenal yaitu mbah Marijan.
Memasuki Hamparan pasir kita bisa melihat gagahnya gunung Merapi dengan lereng dan tebingnya yang curam dan terjal dan betapa kecilnya kita dibandingkan dengan alam yang ada disekitar kita bila kita berdiri di hamparan pasir tersebut.Dan bila kita melihat ke selatan akan kita lihat kota Yogyakarta yang terlihat dari kejauhan dengan indahnya.
Kawasan wisata Bebeng, Kali Adem, dulunya adalah daerah wisata konservasi, di mana hutan dan segala makhluk hidup yang tinggal di dalamnya dilindungi agar tidak punah. Kawasan ini kerap digunakan oleh para pecinta alam sebagai tempat awal pendakian, atau sekedar berkemah bagi para pelajar atau pecinta alam .
Terletak di area Gunung Merapi, di sebelah timur Kaliurang, Bebeng memiliki kelebihan berupa pemandangan yang indah beserta udara yang segar.Sisi timurnya dibatasi oleh Sungai Gendol yang merupakan lokasi penambangan pasir. Namun bencana alam meletusnya Gunung Merapi telah membawa perubahan besar bagi daerah wisata Bebeng ini.
Luncuran material gunung Merapi pada bulan Juni 2006 menghancurkan sebagian besar daerah Bebeng dan Kali Adem. Kali Gendol yang terletak di sebelah Kali Adem awalnya diprediksikan akan menjadi daerah aliran luncuran material. Namun keadaan berkata lain. Luncuran material memilih menyerang daerah wisata yang letaknya hanya beberapa km dari puncak Merapi.Akibatnya yang tadinya hijau, berubah seketika menjadi hitam akibat panasnya material.